Oleh Oleh Khas Medan Terbaik: Pilihan Terlezat untuk Kenang-kenangan

admin 04/07/2023

Ketika berkunjung ke Medan, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada membawa pulang oleh-oleh khas daerah ini. Medan memiliki banyak sekali oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Apa saja ya oleh-oleh khas Medan yang paling enak dan terkenal? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beberapa oleh-oleh terbaik yang akan membuat perjalanan Anda semakin lengkap dan memuaskan.

Kuliner yang Menggugah Selera di Medan

Medan, sebagai kota terbesar di Sumatera Utara, menyimpan kekayaan kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Medan terbaik yang bisa membuat lidah Anda bergoyang:

1. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling terkenal. Kue tradisional ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan kelapa parut. Rasanya yang legit dan lembut membuatnya sangat nikmat untuk dinikmati sebagai camilan di sore hari. Jika Anda mencari oleh-oleh yang dapat memanjakan lidah Anda, Bika Ambon Zulaikha adalah pilihan yang sempurna.

2. Durian Medan

Durian Medan dikenal sebagai salah satu durian terbaik di Indonesia. Durian ini memiliki daging tebal, beraroma kuat, dan manis yang khas. Untuk pecinta durian, Durian Medan harus ada di dalam daftar oleh-oleh Anda. Jangan lupa mencicipi durian ini sebelum pulang dari Medan!

3. Mie Gomak

Mie Gomak adalah hidangan mie khas Medan yang wajib dicoba. Mie ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari bumbu rempah-rempah yang kaya. Ditambah dengan daging sapi, kacang panjang, dan irisan bawang, Mie Gomak memberikan rasa lezat yang sulit dilupakan.

4. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo adalah sebuah hidangan yang terdiri dari daging babi yang dipanggang dengan rempah-rempah khas Karo. Rasanya yang sedikit pedas dan rempah membuatnya sangat unik dan menggugah selera. Babi Panggang Karo biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal yang pedas.

5. Soto Medan

Soto Medan adalah hidangan soto khas Medan dengan kuah kaldu yang kental dan lezat. Kuah kaldu yang dihasilkan dari rebusan daging sapi yang disajikan dengan tambahan mie, potongan daging sapi, dan sayuran segar seperti daun bawang dan seledri, menjadikan Soto Medan amat lezat dan membangkitkan selera makan.

6. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah kue tradisional Medan yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan telur. Rasanya yang manis dan lembut membuatnya menjadi salah satu oleh-oleh yang populer. Bolu Meranti sering kali dijadikan hadiah atau oleh-oleh saat berkunjung ke rumah teman atau saudara.

7. Bihun Bebek Kumango

Bihun Bebek Kumango adalah hidangan yang terdiri dari bihun dengan tambahan daging bebek yang disajikan dengan kuah bening yang lezat. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan segar. Bihun Bebek Kumango merupakan makanan yang populer di Medan dan dapat ditemukan dengan mudah di warung-warung makan lokal.

8. Martabak Asan Medan

Martabak Asan Medan adalah martabak manis yang terkenal di Medan. Kue ini terdiri dari lapisan tipis tepung dan gula yang ditambah dengan campuran telur dan selai kacang. Rasanya yang manis dan lembut membuat Martabak Asan Medan menjadi oleh-oleh yang sangat disukai oleh wisatawan.

9. Kue Cubit Meledak Medan

Kue Cubit Meledak Medan adalah variasi dari kue cubit pada umumnya. Kue ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasanya yang unik. Kue Cubit Meledak Medan seringkali dijadikan sebagai camilan di pagi atau sore hari. Jika Anda mencari camilan yang lezat dan unik, cobalah Kue Cubit Meledak Medan.

10. Sambal Andaliman

Sambal Andaliman adalah sambal khas Medan yang terkenal dengan rasa pedas dan aroma khas. Sambal ini terbuat dari andaliman, sebuah bumbu khas Sumatera Utara. Rasa pedas yang khas dari Sambal Andaliman bisa memberi sensasi yang berbeda pada hidangan apapun. Jika Anda menyukai makanan pedas, jangan lewatkan oleh-oleh yang satu ini.

Kesimpulan

Medan adalah surga bagi pecinta kuliner. Oleh-oleh khas Medan yang disebutkan di atas akan memanjakan lidah dan membius perut Anda. Dari kue tradisional hingga masakan khas, Medan memiliki keunikan tersendiri dalam hal kuliner. Jangan lupa mencicipi oleh-oleh ini saat Anda mengunjungi kota ini!

Oleh Oleh Khas Medan Terbaik

Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara, terkenal dengan kekayaan kuliner dan oleh-oleh khasnya. Di kota ini, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan dan produk komersial yang menggoda lidah. Jika Anda sedang berlibur atau berkunjung ke Medan, tak ada salahnya untuk membawa pulang oleh-oleh khas Medan sebagai bukti bahwa Anda telah berada di salah satu kota dengan kuliner terbaik di Indonesia.

1. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha merupakan oleh-oleh khas Medan yang sangat terkenal, terutama bagi pecinta kue. Bika Ambon ini terkenal dengan tekstur yang lembut dan manis. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, santan, dan aroma pandan. Bika Ambon Zulaikha bisa menjadi pilihan yang sempurna sebagai oleh-oleh atau cemilan ketika mengunjungi Medan.

2. Kampung Durian Medan

Medan juga terkenal dengan buah durian yang lezat. Di Kampung Durian Medan, Anda dapat menemukan berbagai macam varietas durian yang ditanam di sekitar Medan. Durian adalah oleh-oleh yang populer di Medan dan banyak turis yang khusus datang ke kampung ini untuk mencicipi durian segar langsung dari pohonnya. Jika Anda penggemar durian, jangan lewatkan kesempatan ini untuk membawa pulang beberapa durian untuk dinikmati di rumah.

3. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah oleh-oleh khas Medan yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Bolu ini sangat terkenal di Medan karena kelezatannya yang luar biasa. Kue bolu ini terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, gula, dan bahan-bahan lainnya yang memberikan tekstur dan rasa yang istimewa. Bolu Meranti sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat di rumah.

4. Bika Manda

Salah satu oleh-oleh khas Medan paling terkenal adalah Bika Manda. Bika ini terbuat dari tepung terigu, gula, kuning telur, dan margarin. Rasa manis dan tekstur lembutnya membuat Bika Manda sangat populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan. Jika Anda mencari oleh-oleh yang tidak terlalu manis namun tetap lezat, Bika Manda adalah pilihan yang tepat.

5. Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang harus Anda coba. Dikenal juga sebagai Kue Rondo, kue ini terbuat dari adonan tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah. Kue Lumpur memiliki rasa manis yang khas dengan aroma kelapa yang menggoda. Kue ini biasanya terbungkus dalam daun pisang untuk memberikan aroma khas saat disajikan. Jika Anda menyukai makanan manis tradisional, jangan lewatkan untuk mencicipi Kue Lumpur ini.

6. Kacang Medan

Kacang Medan juga merupakan oleh-oleh khas yang populer di Medan. Kacang Medan atau biasa disebut Kacang Atom adalah kacang panggang dengan rasa yang unik. Kacang ini dipanggang menggunakan minyak kelapa sehingga memberikan cita rasa khas Medan. Kacang Medan bisa menjadi oleh-oleh yang praktis dan lezat untuk dibawa pulang karena mudah disimpan dan tidak mudah basi.

7. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella adalah oleh-oleh khas Medan yang berbeda dari yang lain. Teh ini terbuat dari bunga rosella yang dikeringkan dan dikemas dalam bentuk teh celup. Teh Bunga Rosella memiliki rasa yang unik dan segar, serta dikenal karena manfaat kesehatan yang tinggi. Jika Anda mencari oleh-oleh yang berbeda dan sehat, Teh Bunga Rosella bisa menjadi pilihan yang menarik.

8. Tart Lapis Medan

Tart Lapis Medan adalah oleh-oleh khas Medan yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi seperti tepung terigu, mentega, telur, dan gula. Lapisan tart yang terbuat dari bahan yang berbeda menambah kelezatan dan keunikan dari oleh-oleh ini. Tart Lapis Medan biasanya dilapisi dengan kemasan yang menarik dan mudah dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau hadiah untuk orang tercinta.

9. Sambal Garing Medan

Bagi pecinta makanan pedas, Sambal Garing Medan adalah oleh-oleh yang wajib dicoba. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan seperti cabai merah, bawang, garam, dan terasi. Sambal Garing Medan memiliki rasa yang pedas dan gurih, dan banyak orang yang membelinya sebagai oleh-oleh kuliner ketika mengunjungi Medan. Sambal Garing Medan bisa menjadi teman yang sempurna untuk hidangan makanan Anda di rumah.

10. Dodol Medan

Dodol Medan adalah oleh-oleh tradisional yang berasal dari Medan. Dodol ini terbuat dari adonan ketan yang dimasak dengan santan, gula, dan bahan-bahan lainnya. Dodol Medan memiliki tekstur yang kenyal dan manis, serta berbagai varian rasa seperti durian, cokelat, pandan, dan lainnya. Dodol ini biasanya dikemas dalam kotak khusus dan sangat cocok sebagai oleh-oleh atau hadiah untuk keluarga dan teman.

Jadi, ketika berada di Medan, jangan lupa untuk mencoba dan membawa pulang beberapa oleh-oleh khas Medan terbaik ini. Dengan cita rasa yang khas dan unik, oleh-oleh ini akan membuat Anda dan orang-orang terdekat Anda terpesona dengan kekayaan kuliner Medan.

Oleh Oleh Khas Medan yang Terkenal dan Lezat

Mencari oleh-oleh khas Medan merupakan salah satu kegiatan yang seru dan tak terlupakan saat Anda mengunjungi kota ini. Medan terkenal dengan beragam makanan dan minuman yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Medan yang bisa Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

1. Bika Ambon

Bika Ambon adalah oleh-oleh khas Medan yang paling terkenal dan dicari oleh banyak wisatawan. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, susu, dan aroma pandan. Rasanya yang manis, kenyal, dan memiliki tekstur berongga membuatnya menjadi favorit banyak orang. Bika Ambon dapat Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh di Medan.

Nama Toko
Lokasi
Toko Bika Ambon Alia
Jl. Sutomo No. 1, Medan
Toko Bika Ambon Asli
Jl. Gajah Mada No. 68, Medan

2. Durian Medan

Medan terkenal dengan buah duriannya yang lezat. Durian Medan memiliki daging buah yang tebal, manis, dan tekstur yang lembut. Salah satu tempat yang terkenal untuk membeli durian Medan adalah di Pusat Buah Durian Medan, di Jalan Iskandar Muda. Anda dapat membeli durian langsung dari petani durian sehingga mendapatkan buah yang segar dan berkualitas.

3. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda coba. Kue bolu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Bolu Meranti terbuat dari bahan-bahan premium seperti telur, mentega, dan gula, sehingga rasanya tak tertandingi. Jika Anda ingin mencoba Bolu Meranti, Anda dapat mengunjungi Toko Bolu Meranti di Jalan Terusan Selat Panjang.

4. Bolen Panggang

Bolen Panggang adalah salah satu oleh-oleh favorit dari Medan. Roti ini terbuat dari puff pastry dengan isian yang lezat seperti kacang hijau, keju, cokelat, atau bahan lainnya. Bolen Panggang memiliki rasa yang manis dan gurih, serta memiliki tekstur yang renyah. Toko Bolen Panggang Larasa di Jalan Ahmad Yani menjadi salah satu tempat yang menghasilkan Bolen Panggang terbaik di Medan.

Nama Toko
Lokasi
Toko Bolen Panggang Larasa
Jl. Ahmad Yani No. 45, Medan
Toko Bolen Panggang Mayasi
Jl. Adinegoro No. 55, Medan

5. Kopi Medan

Bagi pecinta kopi, jangan lewatkan untuk mencicipi kopi Medan yang terkenal. Kopi Medan memiliki cita rasa yang khas, kuat, dan pekat. Ada berbagai macam varian kopi Medan yang bisa Anda coba, seperti kopi luwak, kopi sidikalang, atau kopi gayo. Singgahlah ke salah satu kedai kopi di Medan, seperti Aroma Coffee di Jalan Diponegoro atau Sumatra Coffee Gallery di Jalan Gatot Subroto, untuk menikmati secangkir kopi Medan yang nikmat.

Jadi, saat berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Medan yang terkenal dan lezat. Dengan mencoba oleh-oleh ini, Anda dapat membawa sedikit rasa Medan pulang ke rumah dan juga berbagi dengan keluarga dan teman. Selamat mencari oleh-oleh dan menikmati kelezatannya!

Oleh-oleh khas Medan terbaik apa saja? Anda dapat menjelajahi beberapa tempat wisata di Medan seperti wisata Medan dan menemukan beberapa tempat yang menawarkan oleh-oleh khas Medan terbaik.

Sampai jumpa lagi!

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga informasi mengenai oleh-oleh khas Medan terbaik apa saja ini dapat memberikanmu inspirasi untuk berbelanja nantinya. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali situs ini di lain waktu, karena kami akan terus menyajikan berbagai informasi menarik seputar Medan dan tempat-tempat lainnya yang perlu kamu kunjungi. Sampai jumpa lagi dan terima kasih telah berkunjung!

Saran Video Seputar : Oleh Oleh Khas Medan Terbaik: Pilihan Terlezat untuk Kenang-kenangan

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait