Foto: Dok Ancol Taman Impian

Peringati Hari Kemerdekaan RI dan Road to Asian Games, Ancol Hadirkan Ragam Pertunjukkan Menarik

09 Agustus 2018

TAMASYA.ID - Memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan menyambut event olahraga terbesar se-Asia yaitu Asian Games 2018, Ancol Taman Impian menyiapkan beragam kegiatan menarik mulai dari pertunjukan musik, seaside carnival, lomba khas hari kemerdekaan hingga pengibaran bendera Merah Putih di bawah air dapat dinikmati dan diikuti oleh seluruh pengunjung.

“Kami telah meyiapkan beragam kegiatan dan lomba untuk peringati Hari Kemerdekaan Indonesia dan Asian Games 2018,” kata Sunarto,Vice President Ancol Taman Impian.

Seperti tahun sebelumnya, kata Sunarto, Ancol akan menggelar lomba panjat pinang kolosal pada Sabtu, 18 Agustus 2018 mulai pukul 14.00 WIB di Pantai Carnaval. Jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu yaitu 188 pohon dengan beragam hadiah senilai 1,5 juta per batang.  

“Masing-masing batang pohon akan diperebutkan oleh 2 tim dengan jumlah 4 orang per-tim nya,” ucapnya, Kamis (9/8)

Sunarto menjelaskan, cara untuk mengikuti lomba massal ini peserta hanya cukup melampirkan KTP dan struk pembelian tiket masuk Ancol tanggal 18 Agustus 2018.

Selain itu, lanjutnya, kemeriahan Hari Kemerdekaan juga akan berlangsung di Pantai Lagoon. Pengunjung dapat terlibat dalam beragam lomba dan hiburan seperti: tarik tambang, gebug bantal, lari matras, balap karung berpasangan, bakiak pasir dan lomba makan kerupuk dapat diikuti oleh semua pengunjung mulai pukul 10.00 WIB pada tanggal 17 - 19 Agustus 2018.

Tidak ketinggalan Lagoon Seaside Carnival pada 19 Agustus 2018 dan juga pertunjukkan Lagoon Sunset Music yang dapat dinikmati mulai pukul 4 sore.

“Sebagai bentuk Road to Asian Games, Manajemen Ancol Taman Impian juga akan menyelenggarakan sebuah kompetisi olahraga lari dan berenang di pantai Ancol bertajuk Ancol Aquathlon,” ujar Sunarto.

“Kompetisi lari sejauh 5 kilometer dan berenang 750 meter ini akan dilaksanakan di kawasan Pantai Lagoon, Minggu, 12 Agustus 2018 mulai pukul 6.00 WIB,” jelasnya.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan berhadiah menarik berupa sejumlah uang tunai dengan rute lari sepanjang 5 kilometer. Sementara untuk kegiatan berenang sepanjang 750 meter dimulai dari Pantai Lagoon, memutari perairan dan kembali lagi ke Pantai Lagoon.

Selain itu, kata Sunarto, manajemen telah menyiapkan sebuah kawasan khusus dekorasi lampion yang spektakuler yaitu Asian Lantern Festival 2018. Bertempat di kawasan Pantai Festival Ancol, Asian Lantern Festival akan dihiasi dengan banyak dekorasi lampion yang berasal dari negara-negara di Asia. Lebih dari 50 dekorasi lampion  akan menghiasi area pantai festival. Mulai dari Taj Mahal, Merlion hingga Monas serta Ondel-Ondel akan bersinar terang setiap malam.

Uniknya, lampion tersebut tidak hanya ada di daratan, tetapi akan ada juga yang terapung di laut. Akan terdapat juga lampion bola dunia yang berukuran besar serta lampion perahu naga. Pastinya akan menjadikan pemandangan yang keren dan sangat instagramable.

Persembahan unik pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih di bawah air akan dilakukan di Seaworld Ancol. Atraksi ini memiliki keunikan tersendiri, karena melibatkan para penyelam profesional bersama aktris muda berbakat yaitu Marsha Aruan dan akan diiringi oleh lagu Indonesia Raya. Pengibaran bendera bawah air akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2018 pukul 10.40 WIB dan prosesi penurunan bendera pukul 16.15 WIB.

Tidak hanya itu, atraksi unik dalam air pun akan dipertunjukan kepada seluruh pengunjung Seaworld Ancol. Kegiatan bersepeda BMX, sepak takraw dan tinju dilakukan dibawah air dengan kedalaman 6,5 meter.

“Pertunjukan ini baru pertama kali digelar di akuarium utama Seaworld Ancol,” tegasnya.

Sementara itu, khusus pada peringatan kemerdekaan tahun ini, Ocean Dream Samudra mempersembahkan pertunjukkan baru yaitu Scorpion Pirates: Benteng Betawi.

“Scorpion Pirates akan menyajikan kisah seorang pejuang Indonesia bernama Somad yang berusaha membebaskan tanah Betawi dari penjajahan Belanda,” kata Sunarto.

Pengunjung juga dapat belajar dan mengenal lebih dekat satwa mamalia laut dan juga sahabat satwa dengan nuansa khusus Asian Games. Selain belajar bersama lumba-lumba dan tingkahnya yang lucu, pengunjung juga bisa belajar dan berinteraksi dengan beberapa komunitas, antara lain komunitas otter, komunitas musang dan komunitas reptil.

Sepanjang bulan Agustus sampai September 2018 ini ada yang baru di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, yakni Magic House:“Royal Illusion”.

Magic House kembali  menghadirkan atraksi alam bawah sadar  dengan tema yang berbeda dan tentunya lebih seru. Berdurasi 40 menit, pengunjung akan dibawa ketempat berkumpulnya para magician yang penuh dengan ilusi yang menegangkan.

Diperankan oleh para magician profesional, pertunjukan Royal Illusion mulai dipertontonkan mulai setiap pukul 14.00 WIB di hari kerja dan 15.00 WIB di akhir pekan. Khusus tanggal 17 – 19 Agustus 2018, Dufan juga akan mengadakan lomba rakyat serta special action show berjudul Sang Pangeran.

 Pertunjukkan menarik dan unik lainnya adalah yoga bersama di kolam renang seperti Water Yoga yang digelar di Atlantis Water adventure Ancol. Kegiatan water yoga ini sudah dilakukan setiap akhir pekan dan khusus edisi HUT RI akan mengangkat tema kemerdekaan.

Tidak hanya water yoga, seluruh pengunjung Atlantis akan dimanjakan dengan beragam lomba dan aneka hadiah kejutan. Dalam kesempatan ini juga akan dilakukan pengumuman undian Atlantis Big Surprise yang digelar selama Juni – Juli 2018, dua pengunjung beruntung yang telah memasukan data di kotak undian akan memperoleh sepeda motor.

“Seluruh rangkaian Ancol Kemerdekaan Festival tahun ini kami kaitkan dengan tema olahraga, karena kami berharap seluruh pengunjung Ancol siap menyambut dan mensukseskan Asian Games 2018 yang digelar pada bulan Agustus ini,” ujar Sunarto. (Hilal)