Foto: Ist

Jelang Asian Games 2018, Ini Empat Destinasi Menarik di Palembang

06 Agustus 2018

TAMASYA.ID - Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, ajang olahraga Asian Games 2018 memiliki dampak kepada pariwisata kota Palembang.

"Asian Games bukan tujuan tetapi alat untuk mencapai tujuan, di mana tujuan kami adalah lebih banyak lagi turis yang datang ke Palembang. Karena dengan momentum Asian Games, seluruh dunia akan mengenal Palembang khususnya masyarakat Asia," kata Isnaini, Senin (30/7). 

Berikut ini empat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dilansir CNNIndonesia, Senin (6/8): 

1. Jakabaring Sport City (JSC) 

Komplek olahraga JSC menarik untuk dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Selain venue olahraga di sana juga dibuat banyak taman dan danau buatan. 

Selain itu, ada juga Bowling Center yang rencananya akan dibuka untuk umum pasca Asian Games 2018. Para pengunjung dapat ke JSC dengan menggunakan trasnportasi umum baru kota Palembang yakni Kereta Api Ringan (LRT) yang terdiri dari 13 stasiun menghubungkan langsung antara Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan JSC. 

2. CafĂ© de Burry Museum Sultan Mahmud Badaruddin II 

Ini adalah kafe baru yang letaknya di halaman belakang Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, tepatnya di pusat kota Palembang yakni di Jalan Sultan Mahmud Badaruddini. 

Tempat makan dan minum ini merupakan inovasi sekaligus pelestarian kuliner makanan khas Palembang. Jajanan unik yang dijual di sana adalah Kopi Durian yang dihargai Rp20 ribu per gelas. 

3. Pulau Kemaro 

Pulau Kemaro berada di delta Sungai Musi. Untuk berkunjung ke sana, turis harus menyewa perahu dengan harga sekitar Rp150 ribu yang dapat menampung kurang lebih sepuluh orang dewasa. 

Di pulau itu terdapat sebuah kelenteng besar untuk mengenang legenda pasangan saudagar China Tan Bun An dan putri Raja Palembang bernama Siti Fatimah. Pasangan suami istri tersebut tenggelam di perairan Musi dekat Pulau Kemaro akibat mencari tujuh buah guci. 

4. Kampung Pempek

Kampung ini terletak di Jalan Mujahiddin 26 Ilir. Tempat ini menjadi tempat favorit bagi pelancong untuk membeli oleh-oleh khas Palembang, yakni pempek. 

Harga pempek yang merupakan makanan khas kota Palembang di sini cukup murah yakni di kisaran Rp1.000 sampai Rp2.500 rupiah. Jenisnya pun beragam, mulai dari pempek kulit, pempek lenjer hingga pempek kapal selam. (Hilal)