Sindu Kusuma Edupark

Empat Lokasi Liburan Terbaik untuk Si Kecil

14 Juni 2017

TAMASYA.ID - Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin tempat wisata yang didatangi tak hanya memungkinkan si anak untuk bermain dan berlibur, namun sekaligus belajar. 

Untungnya, kini di dalam negeri semakin banyak tempat wisata yang memadukan bermain dan belajar dalam satu tempat. Dikutip dari Traveloka, berikut ini empat liburan yang terbaik untuk si kecil:  

1. Kebun Binatang di Bali 
Bali ternyata tak melulu tentang pantainya yang cantik. Untuk anak-anak, Bali juga bisa jadi tempat menyenangkan karena adanya Bali Zoo. Terlebih, Bali Zoo berhasil menjadi salah satu dari tempat wisata favorit traveler di ajang TripAdvisor Traveler’s Choice 2014.

Di Bali Zoo, kamu dan keluarga bisa berkeliling kebun binatang juga berinteraksi langsung dengan berbagai binatang yang ada. Beragam spesies binatang dari berbagai benua bisa ditemukan di sini, bahkan ada sesi interaktif bersama binatang yang tergolong buas seperti harimau, buaya, dan beruang. Pastinya untuk melakukan ini, pengunjung harus didampingi oleh petugas agar tetap aman.

Untuk si kecil, ada tiga kegiatan utama yang sangat seru, yaitu memberi makan binatang, naik kuda poni, dan bermain air di waterpark yang telah disediakan. Si kecil akan belajar lebih mengenal binatang saat memberi makan dan memegangnya. Binatang yang bisa diajak berinteraksi di antaranya jenis mamalia, burung, dan reptil.

2. Sindu Kusuma Edupark
Bagi orang dewasa, hal menarik tentang Yogyakarta barangkali adalah kuliner lezat dan wisata belanja batik juga kerajinan tangan murah di kawasan Malioboro. Lalu, apa menariknya Yogyakarta bagi anak-anak? Tenang, si kecil pun bisa menikmati waktunya di kota ini dengan mengunjungi Sindu Kusuma Edupark, taman bermain yang baru mulai dibuka tahun 2014 di Sleman.

Nama-nama wahana di sini terbilang unik karena menggunakan istilah bahasa Jawa agar terasa nuansa budayanya. Beberapa nama yang unik adalah Cakra Manggilingan (bianglala raksasa), Montor Tumbur (bumper car), Panggon Lunjak (trampolin), juga Cleret Gandul untuk menyebut flying fox.

Untuk mengenalkan anak-anak pada budaya nusantara, ajak masuk ke House of Batik yang memiliki banyak koleksi batik dengan beragam motif dan daerah asal. Ingin wahana yang bisa dimainkan bersama? Coba naik Sepur Kluthuk, kereta wisata yang bentuknya mirip kereta uap dan berkeliling kawasan Sindu Kusuma Edupark. Wahana lain yang bisa dicoba adalah Roti Puter, di mana satu “cupcake” akan dinaiki satu orang dan bisa berputar-putar sesuai keinginan.

3. Ocean Dream Samudra Ancol
Diresmikan pada tahun 1974, Ocean Dream Samudra Ancol menjadi sebuah taman rekreasi yang bersifat menghibur sekaligus mendidik. Di sini, anak-anak dan orang dewasa akan dikenalkan dengan beragam biota laut serta potensi kelautan nusantara dan mancanegara.

Tempat wisata ini memiliki oceanarium yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Oceanarium ini terdiri dari akuarium raksasa yang menampilkan biota laut hingga pertunjukan banyak binatang laut seperti lumba-lumba dan singa laut. Selain binatang laut, kamu juga bisa melihat dan berinteraksi dengan binatang darat seperti beraneka jenis burung.

Menariknya, Ocean Dream Samudra Ancol menjadi salah satu pusat studi lumba-lumba di dunia, alias dolphinarium. Tak mengherankan memang, karena tempat wisata ini memiliki sistem dan manajemen yang baik dalam mengurus lumba-lumba, seperti dalam mengatur kolam penampungan, pengolahan air, pelatihan trainer, hingga penyediaan dokter khusus lumba-lumba.

4. SeaWorld Ancol
SeaWorld Ancol adalah kawasan terpadu yang lengkap dan berfungsi sebagai sarana hiburan, pendidikan, dan konservasi biota laut. Untuk mendukung hal ini, SeaWorld Ancol memiliki koleksi ribuan ekor binatang air laut dan air tawar yang ditampilkan dalam sedikitnya 28 akuarium dan empat kolam terbuka.

Untuk anak-anak, ada kegiatan yang pasti menarik perhatian mereka, yaitu memberi makan kura-kura. Pengunjung bisa memberi makan pada kura-kura yang ditempatkan di kolam terbuka. Selain memberi makan binatang secara langsung, ada sejumlah kegiatan memberi makan yang hanya bisa disaksikan saja, seperti memberi makan berang-berang dan ikan dalam akuarium raksasa.

Baru-baru ini, SeaWorld juga membuka wahana baru yang tak boleh dilewatkan, yaitu akuarium untuk ubur-ubur alias jelly fish. Sedikitnya, ada lima buah akuarium berisi ubur-ubur dari jenis yang berbeda, dua jenis yang populer adalah upside down jelly fish dan blubber jelly fish.

Tak sulit kan mencari tempat wisata sekaligus belajar yang menyenangkan buat si kecil? Suasana belajar yang baru dan berbeda dengan saat duduk di bangku kelas akan membuat si kecil lebih cepat menyerap informasi yang ada. Pengalaman berinteraksi secara langsung juga akan jadi hal yang tak terlupa bagi mereka. Selamat berlibur! 

(HAP)