Istimewa

Ini Negara-negara Pilihan Wisata Gen Z

13 Juni 2017

TAMASYA.ID - Orang-orang muda yang lahir di penghujung 1990-an sampai 2010 atau generasi milenial menjadi target utama industri pariwisata mulai saat ini.

Pasalnya pada 2020 mendatang, generasi yang juga disebut sebagai gen Z ini akan menyumbang sekitar 40 persen dari total anggaran liburan setiap keluarga di dunia. 

Hal tersebut sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Virtuoso, perusahaan perjalanan wisata asal California, Amerika Serikat (AS) kepada 772 konsultan wisata yang menjadi respondennya.

Dikutip dari Forbes, Virtuoso menyebut generasi milenial akan menentukan lokasi liburan keluarganya dalam tiga tahun ke depan. "Mereka ingin menyelam di Great Barrier Reef, Australia atau naik kayak di antara gunung es di Greenland. Semua objek yang layak dibagikan fotonya di Instagram," ujar riset Virtuoso, dikutip Senin (12/6).

Seperti diketahui, generasi milenial sudah mengenal internet sejak lahir. Mereka sangat aktif berbagi aktivitas pribadi di media sosial dengan teman maupun keluarga. Sehingga objek wisata alam yang menantang dan indah secara visual, jelas menjadi incaran generasi tersebut.

Berikut daftar 10 negara destinasi wisata terpopuler bagi generasi milenial:
1. Italia
2. Meksiko
3. Hawaii
4. Orlando, Florida
5. Inggris
6. Kosta Rika
7. Afrika Selatan
8. Turki
9. Republik Dominika
10. Australia

Beberapa negara yang menjadi tujuan liburan utama gen Z ini, seluruhnya menawarkan wisata alam. Wisatawan muda yang berlibur ke Australia, Afrika Selatan, dan Kosta Rika terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Sementara, negara-negara di Eropa menjadi lebih terjangkau dari sisi biaya bagi generasi milenial asal AS. Nilai tukar dolar yang kuat terhadap berbagai mata uang negara di dunia membuat tahun ini menjadi tahun melancong ke luar negeri untuk wisatawan negara paman Sam.

"Permintaan liburan keluarga selama dua pekan atau lebih juga meningkat ke negara-negara Asia termasuk India, Jepang, dan Vietnam," tutupnya.

(KK)