Istimewa

California Pecahkan Rekor Pizza Terpanjang Sedunia

13 Juni 2017

TAMASYA.ID - California memenangkan rekor Pizza Terpanjang Sedunia pada Sabtu (10/6) setelah para pembuat pizza di Fontana berhasil membuat pizza sepanjang 6.333 kaki (2,3 kilometer). 

Dilansir NBC News, rekor ini menumbangkan rekor yang dibuat Italia, negara dimana Pizza berasal. Pada 18 Mei 2016, para pembuat pizza di Napoli Pizza Village di Napoli berhasil membuat pizza sepanjang 6.082 kaki 3,40 inchi (kurang dari 2 kilometer).

Pembuatan pizza keju saus salsa rekor baru Guinness ini dikerjakan oleh sekitar 100 orang pembuat pizza di Auto Club Speedway dengan seorang pengawas, Tony Gemignani. Tony ini dikenal sebagai pembuat pizza yang kerap memenangkan berbagai kejuaraan membuat pizza kelas dunia. 

Skynews melaporkan jika pembuatan pizza dan saus ini melibatkan banyak pihak termasuk PizzaOvens, Italfomi, dan USA Ovens. Sekitar 3.632 kilogram adonan pizza digunakan bersama dengan 2.542 kilogram saus dan 1.634 kilogram keju leleh. 

Menurut Ecomic Times, begitu pizza selesai dipanggang dan dipindahkan oleh mesin pengangkut, berat final pizza ini mencapai 7.808 kilogram (17.214 pound).

Tim pembuat pizza menggunakan tiga industrial oven untuk mencapai kematangan pizza yang diinginkan dan pengerjaannya dilakukan selama 8 jam tidak berhenti. Dilaporkan jika oven ini harus digerakkan setiap 17 menit sekali oleh para sukarelawan agar seluruh bagian dari pizza terpanggang.

Selama pembuatannya, tim perwakilan dari Guinness World Record menyaksikan prosesnya dan menyerahkan langsung piagam rekor terbaru itu. 

Acara ini dibuka untuk umum tanpa pungutan bayaran karena para panitia penyelenggaran ingin membuat satu keriaan yang merayakan kemanusiaan dan persahabatan. 

Namun, sayangnya para penonton dan pecinta pizza yang hadir di acara itu tidak diperbolehkan mencicipi pizza yang sudah jadi itu. Pizza terpanjang ini disumbangkan ke rumah persinggahan dan bank makanan di area sekitarnya, bersama dengan dana yang terkumpul selama acara.

(HAP)