Timun Suri

Cara Pilih Timun Suri yang Matang dan Segar

02 Juni 2017

TAMASYA.ID - Di bulan puasa, Timun suri merupakan salah satu buah-buahan yang populer. Ini dikarenakan mentimun berukuran besar ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang renyah dan daging buah yang harum. 

Jika diolah dengan baik, timun suri atau yang disebut Cucumis sativus dalam bahasa latin ini bisa menyegarkan tenggorokan setelah berbuka puasa. 

Timun suri yang manis akan memiliki rasa manis yang menyerupai melon kuning. Timun suri ini biasanya dicampur dengan tambahan sirup vanili, sirup kelapa, ataupun air gula, dan es batu untuk membuat rasanya makin segar. 

Namun, untuk memaksimalkan rasanya, Anda harus memastikan timun suri yang dipilih sudah matang sempurna. Sama seperti buah-buahan lainnya, timun suri yang belum matang memiliki daging buah yang keras dan juga rasa yang tawar. 

Berikut cara memilih timun suri yang sudah matang dan siap diolah jadi es timun suri yang menyegarkan: 

1. Retakan
Cara termudah untuk memilih timun suri matang adalah dengan melihat retakan yang ada di kulitnya. Kulit buah yang retak menjadi penanda timun suri ini masak di pohon. Saat buahnya matang, daging buah timun suri akan mengembang dan membesar sehingga mendorong serta merobek kulit buahnya. 

2. Aroma
Timun suri yang matang akan memiliki aroma manis yang segar. Aroma manis ini berasal dari berbagai senyawa kimia alami yang ada di dalam buah. Namun pastikan aroma manis ini adalah aroma manis yang segar dan tidak berlebihan. Aroma manis yang berlebihan bisa disebabkan oleh pematangan buatan atau karbit. 

3. Tekstur
Agar es timun suri buatan Anda makin terasa nikmat, ada baiknya untuk memilih buah yang dagingnya tak terlalu empuk namun matang. Hindari memilih timun suri yang terlalu lembek atau benyek. Pilihlah timun suri yang matang, harum, namun teksturnya masih renyah. 

4. Jangan Tertipu Kulit
Timun suri tak selalu berwarna kuning. Selain kuning, ada juga timun suri yang memang berwarna hijau. Jangan tertipu warna kulitnya yang hijau dan beranggapan kalau timun suri ini belum matang. Sama seperti timun suri kuning, timun suri hijau juga punya aroma manis dan kulit yang retak jika sudah matang. 

(Hilal)