Istimewa

Saat Ramadhan, Ini Tempat Wisata Religi yang Wajib Dikunjungi

28 Mei 2017

TAMASYA.ID - Saat di bulan suci Ramadhan, mengunjungi beberapa tempat wisata bernuansa islam sangat tepat . Sejumlah negara memiliki tempat wisata yang menghadirkan nuansa religi untuk para umat muslim. 

Dikutip dari laman Skyscanner berikut lima tempat wisata religi saat Ramadhan: 

5. Brunei Darussalam

Meski tergabung ke dalam ASEAN dan memberikan kebijakan bebas visa bagi WNI untuk maksimal 14 hari, namun masih jarang sekali orang Indonesia yang pergi wisata ke sana. 

Jika Anda adalah salah satunya dan ingin wisata religi di bulan Ramadhan, maka mungkin tahun ini adalah saatnya Anda ke Brunei, negara yang memiliki istana kenegaraan terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman. 

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan bahkan termasuk ke dalam salah satu masjid terindah di dunia. Mumpung di sana, kunjungi juga desa air terbesar di dunia di Kampong Ayer. 

4. Iran

Jika mengingat sejarahnya, Iran layak untuk dijadikan destinasi wisata religi. Iran memiliki banyak bangunan dengan arsitektur yang megah dan artistik. Anda dapat mengunjungi “masjid goyang” dan Masjid Imam yang terkenal di Isfahan, Iran. 

Sebagai sebuah kawasan, Isfahan adalah pusat obyek wisata budaya dan religi di Iran. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Shah Cheragh dan masuk ke dalam masjid ini, niscaya Anda akan terpesona dengan desain interiornya. Soal visa bagi WNI, Iran memberlakukan kebijakan visa on arrival untuk maksimal 2 minggu.
3. Malaysia
Di negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam ini Anda dapat dengan mudah berwisata religi. Jika biasanya di Malaysia Anda datang untuk belanja atau kuliner, maka di bulan Ramadhan Anda bisa menggantinya dengan mengunjungi masjid-masjid yang ada di sana. 
Anda bisa pergi ke Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin (Masjid Besi) di Putrajaya, Masjid Jamek yang merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, atau mungkin ke Melaka untuk melihat masjid terapungnya. Anda juga bisa melakukan wisata kuliner khas Ramadhan dengan mencoba mencicipi Bubur Lambuk.
2. Maroko
Salah satu negara di Afrika yang cukup progresif dalam hal pariwisata ini memberikan kebijakan bebas visa untuk WNI hingga 90 hari. Marrakech dan Cassablanca adalah 2 kota yang tidak boleh Anda lewatkan. Saat berkunjung ke Marrakech, pastikan Anda menjelajah Old City Wall dan Koutoubia Mosque yang merupakan 2 objek wisata sejarah penting di kota ini. 
Sedangkan saat berada di Cassablanca, Anda tentu tak ingin melewatkan untuk mengunjungi Hassan II Mosque, masjid terbesar di Maroko sekaligus terbesar ke-13 di sunia yang mempunyai minaret atau menara tertinggi di dunia, sekitar 210 meter.
1. Singapura
Saat Ramadhan, atmosfer Singapura akan terasa berbeda, terutama di area Masjid Sultan yang sejak tahun 1960-an selalu menyelenggarakan Ramadhan Bazaar Masjid Sultan. Di sini, pengunjung bisa membeli aneka makanan dari berbagai negara untuk berbuka puasa. 
Ada makana ala Timur Tengah, India, hingga Indonesia. Bazar dimulai pada pukul 15.00-20.00 waktu Singapura. Selain menyantap kuliner khas Ramadhan, Anda bisa sambil mempelajari sejarah Islam di Singapura di masjid ini. Untuk bisa pergi wisata religi di Singapura, Anda tidak perlu repot mengurus visa karena Anda mendapatkan fasilitas bebas visa hingga 30 hari.


(Hilal/Sindo)