Pulau Widi

Halmahera Selatan Promosikan Empat Spot Menyelam Bagi Wisatawan

13 Mei 2017

TAMASYA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan sedang gencar mempromosikan empat titik menyelam indah bagi wisatawan domestik yang gemar melakukan olah raga bawah air.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Halmahera Selatan Nur Kamarullah mengatakan, empat spot itu tersebar di pulau Guraici, pulau Widi, pulau Sali, dan pulau Kusu.

"Sejauh ini yang paling banyak berkunjung adalah wisatawan dari Eropa. Kami ingin memperkenalkan spot tersebut kepada para penyelam di dalam negeri," ujar Nur Kamarullah, Jumat (12/5).

Dalam mempromosikan empat spot menyelam itu, Pemkab Halmahera Selatan tidak bosan mengikuti pameran pariwisata di dalam negeri. Salah satu usaha yang mereka lakukan adalah mengikuti pameran Produk Kreatif dan Investasi Daerah (GKPN EXPO 2017) yang digelar di Jogja City Mall, Yogyakarta pada 11-14 Mei 2017.

"Keikutsertaan kami dalam pameran ini untuk mempromosikan berbagai macam potensi yang dimiliki Halmahera Selatan mulai dari potensi budidaya mutiara, wisata kuliner dan potensi pariwisata," ucapnya.

Nur Kamarullah mengungkapkan, Halmahera Selatan memiliki keindahan pantai yang masih alami. Selain diving, di Halmahera Selatan juga banyak objek menarik diantaranya wisata kupu-kupu dan burung. Selain itu, kini wisatawan juga bisa mempelajari sekaligus membeli mutiara hasil budidaya nelayan lokal.

"Kami telah bekerjasama dengan pihak swasta untuk budidaya mutiara disana. Semua objek yang disebutkan tadi dipamerkan di Yogyakarta dan ada sekitar 10 delegasi yang ikut pameran tersebut," pungkas Nur Kamarullah. 

(Hilal)