Istimewa

1.000 Orang Hadiri Festival Film Karpet Merah di Gazza

13 Mei 2017

TAMASYA.ID - Festival film di Jalur Gaza dibuka Jumat (12/5) dengan para seniman dan penonton berjalan di karpet merah. Dilansir Reuters, karpet merah itu digelar di lantai yang dibangun dari puing-puing rumah yang hancur karena perang dengan Israel.

Penyelenggara Festival Film Karpet Merah, yang berlangsung ketiga kalinya sejak 2015, mengatakan tujuan dari acara tersebut adalah meningkatkan kesadaran tentang kesulitan di Jalur Gaza, yang menampung hampir dua juta orang Palestina.

Sekitar 1.000 orang menghadiri malam pembukaan festival film tersebut.

Digelar hingga 17 Mei, festival ini dilaksanakan sebelum Festival Film Cannes dan bertepatan dengan peringatan 69 tahun "Nakba" atau "bencana" ketika ratusan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka pada 1948 karena perang Arab-Israel.

Juru bicara festival Saud Aburamadan mengatakan, Festival Karpet Merah akan menampilkan 25 film, yang dibuat oleh seniman Palestina, Arab dan artis internasional di Gaza, Tepi Barat, dan kota Haifa. "Pesan kami adalah: 'Kami mencintai kehidupan sebanyak yang kami bisa'," ucapnya.

Gaza berada di bawah pemerintahan gerakan Hamas, dengan kemiskinan dan pengangguran meluas di daerah kantong tersebut.

(Hilal/Ant)