Museum Wayang

Lima Museum di Jakarta yang Serba Goceng

29 April 2017

TAMASYA.ID - Menikmati liburan sering dianggap sebagai waktu yang menghabiskan banyak uang, baik untuk transportasi hingga tiket masuk ke tempat wisata. 

Namun, tahukah Anda banyak tempat wisata di Jakarta yang serba Rp 5.000. Tentunya lokasi ini dapat menjadi tempat liburan murah meriah saat libur panjang. Berikut tempat liburan murah meriah di Jakarta: 

1. Museum Fatahillah

Terletak di pusat Kota Tua, Museum Fatahilah dapat menjadi destinasi pertama serba Rp 5 ribu di Jakarta. Dengan membeli tiket masuk di sisi kanan museum, Anda dapat menjelajahi seluruh gedung peninggalan Belanda ini hingga ke bagian penjara. Tidak perlu khawatir, museum ini telah memiliki pendingin udara sehingga Anda nyaman menjelajahinya.

2. Museum Seni dan Keramik

Museum Seni dan Keramik menjadi salah satu museum paling rapi yang ada di kawasan Jakarta Kota. Dengan membeli tiket masuk hanya lima ribu rupiah, Anda dan keluarga sudah bisa melihat berbagai karya seni kelas dunia, hingga berbagai keramik berharga dari lautan Indonesia.

3. Museum Wayang

Terletak dalam sebuah gereja tua, Museum Wayang memiliki sejarah panjang sejak masa Batavia. Dalam museum ini tersimpan lengkap berbagai jenis wayang yang ada di seluruh Indonesia dan mancanegara. Termasuk pula berbagai nisan bersejarah orang-orang penting yang ada di zaman VOC. Hanya dengan lima ribu, semua cerita ini dapat Anda lihat di depan mata saat liburan.

4. Museum Bank Indonesia (BI)

Terletak tepat di depan stasiun Jakarta Kota, museum ini menyajikan kisah sejarah bank di Indonesia sejak zaman penjajahan. Dilengkapi dengan teknologi digital dan diorama yang megah, museum ini bisa Anda jelajahi hanya dengan Rp 5 ribu.

5. Museum Bank Mandiri

Ingin merasakan bagaimana keadaan bank pada zaman dahulu? Museum Bank Mandiri dapat menjadi contoh nyata kegiatan perbankan pada zaman Belanda. Selain menyimpan berbagai alat-alat kuno perbankan, museum ini juga menghadirkan berbagai cerita mengenai transaksi keuangan pada zaman dahulu dilakukan. Hanya dengan Rp 5 ribu, museum ini dapat dinikmati saat liburan bersama keluarga.

(Hilal)